16 Jun 2016

Pertama Kali Test TOEFL

Dag Dig Dug iya pasti, karena saya adalah mahasiswa  yang selalu dapet nilai pas pasan di pelajaran bahasa inggris menjadikan test TOEFL ini adalah test yang menakutkan. Nah karena untuk sidang harus melengkapi persyaratan yang salah satunya adalah melampirkan hasil test TOEFL, akhirnya saya dan temen-temen saya memutuskan untuk test TOEFL - PTESOL di Balai Bahasa UPI. Biaya yang dibayarkan sih seharusnya 60 ribu, karena kita semua udah dibolongkan KTMnya (oleh petugas perpus) jadi kita semua masuk ke dalam golongan manusia yang kurang beruntung alias kita masuk ke institusi UMUM (re: Bukan mahasiswa aktif UPI). Nyesek sih 35 rebu bedanya.
Syarat pendaftarannya nya bawa foto 4x3 = 2 lembar, dan KTM.
Tanpa pikir panjang lagi, akhirnya kita daftar (pada tanggal 24 mei 2016) berharap  tanggal 3 juni bisa test, dan apa yang terjadi permisa...... kita kebagian test tanggal 14 juni 2016, sedangkan sidang skripsi tanggal 15 juni 2016. What a Wonderful World, H-1 :(

Test TOEFL ini terdiri dari 3 section bro/sist! yaitu 1) listening dengan jumlah soal 50, 2) structure dengan jumlah 40 soal, dan terakhir 3) reading dengan jumlah soal sebanyak 50. Untuk mengerjakan 3 section itu hanya  diberi waktu yang singkat banget. pokonya yg seingat saya waktu untuk section listening itu paling cepet dan  harus bisa menangkap apa yang dikatakan oleh speaker (pembicara), lalu untuk section structure waktu yang diberikan sekitar 0,5 menit atau 30 detik untuk mencari jawaban yang salah. Berikutnya pada section reading dikasi waktu 50 menit artinya untuk menjawab 1 soal dikasih 1 menit. well, you have to prepared it !

kertas pendaftaran


Dengan pasrah dan berdoa akhirnya di bulan ramadhan ini, turunlah fatwa yang dinyatakan oleh jurusan bahwa sidang diundur menjadi tanggal 28 juni. so i could prepare for the TOEFL TEST.
Tanggal 24 april sampai tanggal 1 mei, saya anggarkan buat mengurusi hal yang berkaitan dengan skripsi beserta persyaratan sidang, lalu tanggal 2 - 7 mei nya dianggarkan buat mengumpulkan bahan - bahan TOEFL dari internet dan tiba-tiba ingat bahwa ade-sayapernah beli buku TOEFL CLIFF akhirnya saya pinjam buku tersebut dari dia.
Lalu planningku tanggal 8-13 mei untuk fokus  belajar TOEFL, tapi ternyata permisaaaaa.
planning saya tanggal 8-13 mei tidak berjalan mulus ..... badan meriang asli (bukan meriang merindukan kasih sayang) , kepala berat, and there's no things to do. so saya baru belajar tanggal 13 juni nya. H-1.
Oke, dengan persiapan yang minim akhirnya pada tanggal 14 juni saya memasuki Gd. Balai Bahasa UPI dengan ruangan Deakin di Lt.2, sebelumnya ada petugas yang berjaga, kita diminta untuk menunjukan bukti kertas pendaftarannya, dan KTM. Ohya jangan lupa untuk persiapan membawa pensil 2B berserta penghapusnya.

Waktu berjalan begitu cepat saat test TOEFL berlangsung, dengan persiapan yang minim akhirnya sayamengisi soal-soal tersebut dengan seingatnya yaitu apa yang telah  dipelajari di H-1, sambil insrek-insrekan (apa bahasa indonesianya? mungkin menarik ingus) karena kondisi masih pilek. Nyesal sih persiapan nya sungguh minim. Lalu tidak lama kemudian berakhirlah testnya dan petugas memberitahukan bahwa hasil sudah bisa dilihat besok siang secara online di web balaibahasa.upi.edu
Besok harinya saya sangat degdegan dengan nilai TOEFL yang akan didapatkan, pasti mendapatkan sekitar 300'an nih karena benar-benar gak yakin dengan persiapannya dan juga gak yakin bisa dapat lebih dari 350, apalagi merasa nilai bahasa inggrisnya selalu dapet B dari semester 1 - 8 :(
result


Habis sholat zuhur akhirnya saya membuka web balai bahasa di smartphone dengan memasukan no registrasi T-164XXX dan muncul dengan nama Mushthofa Kamal memperoleh skor 470 . WOOOW  lumayan dari pada lumanyun , hehe I can't believe it , itu lebih dari eskpetasi. meskipun begitu sedikit kecewa karena tidak bisa mencapai target 500 :(. But i should try harder to get over 500 !!

Oke bagi temen-temen yang mau belajar TOEFL silahkan download e-book TOEFL karya CLIFF KLIK DISINI
Lalu bagi yang mau download section listening nya KLIK DISINI:  PART 1  dan  PART 2

Thanks semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda :

Anugrah terindah

Sabtu, 3 Juni 2023 adalah hari di mana yang tidak pernah terlupakan, karena anugrah itu datang, putra pertama kami lahir.  Semoga menjadi an...